Jumat, 19 Desember 2008

PMS (PRE MENSTRUAL SINDROM)

APA ITU SINDROMA PRE MENSTRUASI?
Merupakan kondisi dimana seorang wanita mengalami perubahan emosional dan fisik sementara waktu menjelang datangnya menstruasi. Sekitar 100 gejala yang disebabkan oleh oleh siklus mestruasi telah dilaporkan oleh wanita. Seperti nyeri dan kram, payudara kencang dan nyeri, kecanduan makanan tertentu, perubahan mood, mudah marah dan tersinggung, merasa depresi, perubahan nafsu makan, sakit kepala ringan, sulit berkonsentrasi, bermasalah dengan kulit wajah bahkan gampang lelah dan susah tidur.

APA PENYEBABNYA?

Sampai saat ini penyebabnya belum begitu jelas diketahui. Tapi ada kemungkinan hal tersebut erat kaitannya dengan perubahan hormonal dalam tubuh.


Kurangi makanan bergaram, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, dan makanan berbumbu, untuk mengurangi penahanan air berlebih.

Kurangi makanan berupa tepung, gula, kafein, coklat.

Perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi, seminggu sebelum menstruasi.

Makan makanan berserat dan perbanyak minum air putih.

Jika menstruasi cukup banyak mengeluarkan darah, perbanyak makan makanan atau suplemen yang mengandung zat besi agar terhindar dari anemia.
Sering-seringlah mengganti pembalut, setidaknya setiap 4 jam sekali atau 3 kali ganti pembalut dalam sehari. Saat membersihkan area 'V', cobalah untuk membersihkannya dari depan ke belakang. Jangan sekali-kali menyiram dari belakang atau dengan tangan yang telah menyentuh lubang dubur mengingat banyaknya kuman yang pada area tersebut.

Tidak ada komentar: