Kamis, 14 Agustus 2008

Pengaruh Nama

Memberikan nama untuk putra-putri yang dinanti ternyata tidak hanya melihat pada agama ataupun kepercayaan yang dianut oleh si orang tua, namun mereka juga harus memperhatikan adat dan kebiasaan yang berlaku di tiap daerah.

Misalnya saja nama-nama di China yang tentu secara hukum berbeda dengan nama-nama yang berlaku di negeri eropa atau barat. Untuk orang China, penulisan nama diawali dengan nama keluarga terlebih dahulu yang kemudian diikuti oleh nama yang diberikan oleh orang tuanya. Contoh saja sebuah nama barat yaitu John Smith, apabila dituliskan dalam tata cara China maka akan menjadi Smith John. Sebagai contoh lebih lanjut, seorang pebasket handal yang bernama Yao Ming akan dipanggil secara formal dengan sebutan Tuan Yao, dan bukannya tuan Ming.

Akan tetapi aturan seperti ini akan menjadi berbeda manakala orang-orang dari suatu daerah berpindah ke negara lain yang memiliki kebiasaan dan hukum yang berbeda. Contoh saja orang-orang China yang bermigrasi atau mempunyai bisnis di negeri barat, akan mengadopsi kebiasaan negara barat dalam penggunaan namanya, dengan hanya merubah tata letak nama seperti contoh di atas menjadi “Ming Yao” (dimana nama sebenarnya dalam tata letak nama China adalah Yao Ming), atau dengan menambahkan sedikit nama barat di depan nama keluarga menjadi “Fred Yao”

Untuk orang Indonesia, nama tradisionalnya sebenarnya sangatlah sederhana, dimana pada zaman dahulu, masyarakat Indonesia cenderunguntuk memberikan nama dengan satu kata saja, seperti “ Karyo, Siti, Bonar, “ dan masih banyak lagi. Kemudian, untuk membuat perbedaan, maka hanya ditambahkan dengan nama keluarga atau yang merujuk pada anak dari siapa. Misalnya saja, apabila si anak berasal dari keluarga jawa yang muslimin, maka nama anak yang diberikan secara lengkapnya akan menjadi Karyo bin Maman yang artinya Karyo anak laki-lakinya Maman, atau Siti binti Muaimin, yang artinya Siti anak perempuan Muaimin. Kalau di daerah lain seperti Sumatera, tinggal ditambah dengan nama marga di belakang nama yang diberikan contohnya Gomgom Pangabean yang mengandung arti Gomgom dari marga atau keluarga besar Pangabean. Contoh lain adalah di Bali, dimana di awal nama yang diberikan, akan tertulis istilah urutan kelahiran dari si anak, apakah dia anak pertama, anak kedua dan seterusnya. Namun apabila si anak berasal dari keluarga berkasta, maka di depan namanya akan ditambahkan pencantumkan dari golongan manakah si anak berasal, misalkan saja Anak Agung Gede Agung, dimana kata-kata Anak Agung mengindikasikan bahwa si anak berasal dari golongan ksatrya, kemudian Gede mengindikasikan bahwa si anak adalah anak laki-laki pertama di keluarga tersebut dan namanya sendiri adalah Agung.

Agar pemilihan nama lebih tepat, maka perlu diperhatikan agar nama yang dipilih terdengar indah sewaktu diucapkan dan serasi dengan nama keluarga anda, bila anda menggunakan nama keluarga dibelakang nama yang akan anda pilih.

Apabila anda dan pasangan anda memutuskan untuk memilih suatu nama yang unik, bisa saja merupakan singkatan nama anda berdua atau mengambil dari bahasa asing dan mengkombinasikannya dengan nama dari bahasa kita, ide seperti itu tetap ok asalkan nama yang dipilih tetap indah didengar, serasi dan mudah diucapkan. Nama yang unik bukan berarti terdengar aneh dan malah menyusahkan buat orang untuk memanggil. Salah-salah, karena sulit diucapkan, teman-teman anak anda malah memanggilnya dengan nama lain yang bukan nama aslinya. Jadi tidak unik lagi dong.

Dalam kehidupan, memilih nama yang mengandung makna dan arti positif sangat penting untuk diperhatikan, jangan sampai memilih nama yang berarti negatif ataupun buruk. Ingat, nama ini akan disandang oleh putra-putri anda seumur hidupnya!. Intinya, nama yang baik adalah nama yang memancarkan nilai-nilai kehidupan. Ia merupakan paduan harmonis makna yang dalam dan nilai sastra yang tinggi. Ia harus mengandung doaharapan suci, menggairahkan semangat juang yang melahirkan kecintaan pada kebenaran, memotivasi pemiliknya menjadi insan berakhlak mulia lagi ber-ilmu. dan

Tampunglah semua ide-ide nama yang ada dengan suatu daftar list, bisa dari majalah, tv, atau keluarga dan teman anda. Sebaiknya JANGAN memberitahu dahulu keputusan nama yang akan anda berikan kepada siapapun sampai kelahiran si kecil anda. Dan JANGAN membiarkan siapapun memaksa anda untuk memberikan nama yang anda tidak suka. Bagaimana mungkin anda memanggil anak anda tercinta dengan nama yang menurut anda aneh tapi nyata tersebut?

Semua hal diatas hanya tips untuk membantu mempermudah anda berdua dalam memilih nama bayi anda. Yang terpenting sewaktu anda berdua memilih dan memutuskan nama bayi anda adalah bahwa anda berdua menyukainya.!


Download nama bayi disini

Tidak ada komentar: